Fanspage

FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA KHUSUS MEMBER DI BAWAH JARINGAN SAYA

Sabtu, 16 Agustus 2014

Pengobatan Vertigo

Pengobatan Vertigo

Pengobatan vertigo tergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya. Rasa mual dan sensasi berputar mungkin dapat dikurangi dengan berbaring diam dalam ruangan gelap. Anda juga dianjurkan untuk minum obat di saat yang sama. Menghindari situasi yang memicu stres juga akan membantu karena kecemasan akan memperparah vertigo.

Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (Benign Paroxysmal Positional Vertigo/BPPV)

Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (BPPV) sering sembuh dalam beberapa minggu atau beberapa bulan tanpa pengobatan. Para pakar memperkirakan bahwa kesembuhan terjadi karena debris dalam saluran telinga yang menyebabkan vertigo sudah lumer atau menempel di bagian lain.
Tetapi BPPV terkadang bisa kambuh. Selama BPPV belum sembuh sepenuhnya, Anda sebaiknya bangun tidur secara perlahan-lahan serta menghindari kegiatan yang menuntut Anda untuk mendongak, seperti melukis, mendekorasi, atau mencari sesuatu di rak atas. Penyakit ini juga bisa diobati dengan manuver Epley.
Pengobatan gejala vertigo dengan manuver Epley
Prosedur yang juga disebut teknik reposisi kanalit ini terbukti efektif untuk mengobati gejala vertigo. Manuver Epley meliputi empat gerakan kepala yang berbeda untuk memindahkan debris penyebab vertigo ke bagian lain. Tiap posisi kepala akan ditahan minimal 30 detik. Anda mungkin akan mengalami vertigo selama menjalani prosedur.
Kondisi Anda umumnya akan membaik tidak lama setelah melakukan manuver Epley, tapi diperlukan waktu selama maksimal dua minggu untuk sembuh total. Prosedur ini biasanya tidak perlu diulang. Konsultasikanlah ke dokter jika tidak ada perubahan pada kondisi Anda setelah empat minggu.
Instruksi agar pasien tidak berbaring lurus selama 48 jam setelah prosedur juga dianggap tidak dibutuhkan lagi. Pada umumnya pengobatan ini bukanlah pengobatan dengan efek permanen dan mungkin perlu diulang di suatu waktu.
Pengobatan gejala vertigo dengan latihan Brandt-Daroff
Jika Anda memiliki masalah pada leher atau punggung, manuver Epley kurang cocok untuk Anda. Karena itu, Anda sebaiknya mencoba latihan Brandt-Daroff. Prosedur ini adalah rangkaian gerakan pereda BBPV yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
Tetapi Anda dianjurkan untuk mempelajarinya terlebih dahulu dari dokter. Lakukanlah 3-4 kali berturut-turut selama 1-2 hari. Kondisi Anda biasanya akan membaik dalam maksimal dua minggu.

Saran untuk BPPV

Jika manuver Epley tidak efektif untuk Anda, kondisi Anda tidak membaik setelah empat minggu, atau Anda memiliki gejala yang tidak biasa, dokter biasanya akan merujuk Anda ke dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT).
Walau jarang terjadi, vertigo juga bisa berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hal ini mungkin disebabkan oleh tersumbatnya saluran yang penuh cairan dalam telinga. Dokter spesialis THT akan menjelaskannya pada Anda dan mungkin menganjurkan operasi jika perlu.

Migrain yang Memicu Vertigo

Jika migrain didiagnosis sebagai penyebab vertigo, penderita bisa menjalani pengobatan di rumah dan menggunakan obat-obatan yang sama dengan migrain, misalnya triptan.

Infeksi Labirinitis

Labirinitis adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada labirin, struktur sensitif yang terletak di bagian terdalam telinga. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan dapat sembuh tanpa pengobatan. Walau jarang terjadi, infeksi bakteri juga mungkin dapat menyebabkan labirintitis dan biasanya diobati dengan antibiotik.
Dokter mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) atau dokter spesialis audiovestibular (dokter yang khusus menangani kelainan pendengaran dan keseimbangan) jika Anda kehilangan pendengaran. Anda mungkin membutuhkan penanganan darurat untuk mengembalikan pendengaran Anda.
Selain itu, penyakit ini bisa ditangani dengan terapi rehabilitasi vestibular. Walau jenis terapi ini masih sangat jarang di Indonesia, Anda bisa menanyakannya lebih lanjut kepada dokter Anda.

Inflamasi Saraf Akibat Virus

Vestibular adalah salah satu saraf dalam mekanisme keseimbangan yang terletak di telinga. Vestibular neuritis adalah inflamasi pada saraf vestibular yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus.
Walau penyakit ini memang bisa sembuh dalam beberapa minggu tanpa pengobatan, Anda mungkin harus terus berbaring jika Anda mengalami vestibular neuritis yang parah. Segeralah ke dokter jika kondisi Anda tidak membaik setelah satu minggu. Penyakit ini juga bisa ditangani dengan terapi rehabilitasi vestibular dan obat.
Keseimbangan Anda juga mungkin akan terpengaruh jika Anda mengonsumsi minuman keras, kelelahan, dan memiliki penyakit lain. Karena itu jagalah kesehatan Anda dan hindarilah konsumsi minuman keras.

Saran untuk Vertigo Sentral

Masalah pada serebelum yang terletak tepat di atas batang otak atau pada batang otak yang terhubung dengan saraf tulang belakang dapat menyebabkan vertigo sentral. Selain migrain yang jadi penyebab utama vertigo sentral, tumor otak juga termasuk penyebabnya walau sangat jarang.
Dokter biasanya akan merujuk Anda pada dokter spesialis saraf, dokter spesialis THT, atau dokter spesialis audiovestibular jika menduga Anda mengalami vertigo sentral.

Penyakit Meniere yang Langka

Penyakit Meniere adalah penyakit langka yang menyerang telinga bagian dalam. Jika vertigo Anda disebabkan oleh penyakit ini, ada beberapa langkah efektif untuk sekaligus menangani keduanya. Yaitu:
  • Obat untuk mencegah serangan penyakit Meniere.
  • Obat untuk menangani serangan penyakit Meniere.
  • Saran untuk pola makan, terutama yang rendah garam.
  • Fisioterapi untuk mengatasi gangguan keseimbangan.
  • Penanganan untuk kehilangan pendengaran, misalnya alat bantu dengar.
  • Perawatan untuk tinnitus (telinga berdengung), misalnya terapi suara yang dapat mengurangi perbedaan antara kebisingan tinnitus dengan suara lain agar gangguan tinnitus terasa berkurang.
  • Penanganan untuk gejala sekunder dari penyakit Meniere, misalnya stres, kecemasan, dan depresi.

Langkah Terapi Rehabilitasi Vestibular

Terapi yang biasa disebut Latihan Rehabilitasi Vestibular (Vestibular Rehabilitation Training/VRT) ini meliputi latihan khusus untuk mendorong agar otak beradaptasi terhadap sinyal pemicu dari telinga. Otak dirangsang untuk mengandalkan sinyal-sinyal dari bagian lain tubuh, misalnya mata dan kaki, daripada telinga bagian dalam. Jika sudah terbiasa, otak akan meminimalkan gejala vertigo dan ikut memertahankan keseimbangan tubuh. Terapi ini dilakukan dengan bimbingan dokter spesialis audiologi atau ahli fisioterapi.

Obat-obatan yang Bisa Digunakan

  • Serangan vertigo yang dapat ditangani dengan obat adalah:
  • Vertigo yang disebabkan vestibular neuritis atau penyakit Meniere.
  • Vertigo sentral.
  • Vertigo tanpa penyebab jelas.
Durasi minum obat yang diberikan dokter tergantung pada tingkat keparahan vertigo, tapi biasanya untuk setengah sampai dua minggu. Obat-obat yang umumnya diberikan adalah:
Prochlorperazine
Prochlorperazine akan memblokir pengaruh senyawa kimia otak yang disebut dopamin. Obat ini membantu meredakan mual dan muntah yang parah akibat vertigo.
Efek samping dari prochlorperazine adalah tremor (gemetar), gerakan tubuh atau wajah yang tidak terkendali, serta rasa kantuk.
Antihistamin
Antihistamin akan memblokir pengaruh senyawa kimia yang disebut histamin. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan mual, muntah, serta gejala vertigo yang lebih ringan. jenis antihistamin yang biasanya akan diberikan dokter adalah cinnarizine, cyclizine, dan promethazine theoclate.
Selain kantuk, obat ini juga mungkin akan menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan sakit perut.
Betahistine yang digunakan untuk mengobati penyakit Meniere dan gangguan keseimbangan lain juga memiliki cara kerja yang mirip dengan antihistamin. Obat ini biasanya diberikan untuk jangka panjang, tapi keefektifannya berbeda-beda pada tiap orang.
sumber: alodokter.com
 

0 komentar:

Posting Komentar