Fanspage

FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA KHUSUS MEMBER DI BAWAH JARINGAN SAYA

Sabtu, 17 Mei 2014

Artikel Kesehatan


Selenium diambil dari bahasa latin ‘Saa-lee-nee-am’ adalah unsur kimia yang mempunyai simbol [Se] dan merupakan mineral penting bagi kesehatan manusia. Selenium hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Inilah sebabnya mengapa selenium dikelompokkan ke dalam zat gizi mikro.
Meski dikonsumsi dalam jumlah yang kecil, namun peran selenium bagi kesehatan sangatlah besar. Berikut manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan mencukupi kebutuhan harian tubuh akan selenium.
1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ada jutaan bakteri, virus, parasit dan racun di sekitar kita yang terus mencari celah untuk menyerang tubuh kita. Tapi untungnya, tubuh kita memiliki mekanisme pertahanan yang sangat kuat yang menghancurkan benda asing yang masuk ke sistem tubuh. Mekanisme ini disebut sistem imun (kekebalan).
Sekali sistem kekebalan tubuh itu menurun,  pintu akan terbuka lebar untuk ribuan mikroba masuk dan menyerang tubuh kita. Salah satu pelindung tubuh dari serangan virus adalah selenium. Selenium adalah antioksidan yang ampuh untuk menangkal serangan radikal.
Selenium sangat penting untuk produksi enzim kuat yang disebut glutathione peroksidase, yang penting dalam detoksifikasi tubuh dari racun. Kekurangan selenium menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan mengurangi aktivitas T-sel dan produksi antibodi.
2. Mencegah Penuaan Dini
Bersama vitamin E, selenium berfungsi melindungi kulit dari polusi dan sinar matahari dalam mempertahankan elastisitas jaringan kulit. Bila kadar selenium berkurang maka tubuh akan mengalami kerusakan sel (terutama pada kulit) dan menyebabkan penuaan dini.
3. Membantu Memperbaiki Mood
Mood merupakan kondisi psikis yang dikendalikan oleh otak. Selenium adalah mineral penting yang berperan mengatur kinerja otak. Ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang kekurangan selenium dalam dietnya lebih berpotensi mengalami ‘bad mood’ daripada orang yang mengasup cukup selenium.
4. Memperkuat Jantung
Seorang peneliti bernama Margaret Karagas dari Cancer Preventation Research yang pernah dimuat dalam jurnal American Assosoation  for Cancer Research (2008) menunjukkan bahwa selenium juga dapat mencegah penyakit jantung dan kanker (terutama kanker kulit dan kanker kandung kemih).
5. Meningkatkan Kesuburan Pria
Selenium merupakan antioksidan penting yang dapat membantu pembentukan sperma dan meningkatkan mobilitas sperma. Mobilitas speram kerap dihubungkan dengan kemampuan sperma untuk berenang lebih cepat menuju sel telur dalam proses pembuahan. Juga berfungsi melindungi kromosom X dan Y, sehingga menurunkan risiko bayi terlahir cacat.
Sumber Selenium
Sumber utama selenium dikebanyakan negara diseluruh dunia adalah makanan nabati. Kandungan selenium pada makanan tergantung pada kandungan selenium pada tanah dimana tanaman tersebut tumbuh ataupun di mana hewan dibesarkan. Selenium juga dapat ditemukan dalam daging, bayam, bawang, ubi jalar dan brokoli.
Oleh karena itu, cukupi kebutuhan tubuh akan mineral penting ini dan dapatkan manfaat sehat selenium bagi tubuh Anda.

KOjid Acid





Kojic acid telah banyak digunakan sebagai bahan kosmetik utama terkait manfaatnya sebagai inhibitor melanin khusus yang mampu mencerahkan titik-titik pigmen dan warna kulit sejak ditemukan sebagai bahan alami yang di extract dari jamur jepang pada tahun 1989. Saat ini, Kojic Acid juga digunakan pada berbagai macam format kosmetik untuk menghilangkan bintik-bintik flex, bintik-bintik penuaan, dan menyembuhkan jerawat. Kojic Acid juga dapat menetralkan radikal bebas, memperkuat aktivitas sel, dan mencegah degenerasi sel. Kojic Acid secara luas dikonsumsi dalam makanan Jepang terkait manfaatnya bagi kesehatan.
EFEK KOJIC ACID PADA KULIT:
Pada tingkat molekuler, melanin diproduksi dalam tubuh dari konversi (dalam beberapa langkah) dari asam amino tirosin. Konversi membutuhkan enzim yang dikenal sebagai tirosinase. Kojic Acid dapat mencegah aktivitas tirosinase melalui reaksi sintesis dengan sifat antioksidan. Kojic acid dapat menembus lapisan kulit atas dan memasuki sel-sel kulit untuk menghambat pembentukan pigmen pada sel-sel yang mendalam pada kulit. Kojic acid dan turunannya telah terbukti menjadi agen pemutihan yang paling efektif dibandingkan dengan agen pemutih kulit lainnya.
Kojic acid, atau asam kojat, memiliki nama kimia 5-hydroxy-2-hydroxymethyl-4-pyrone. Asam kojic banyak digunakan sebagai bahan pemutih pada produk-produk kosmetik dengan konsentrasi penggunaan maksimum 1%. Asam ini adalah  metabolit jamur yang biasa diproduksi oleh banyak spesies Aspergillus, Acetobacter, danPenicillium. Awalnya ditemukan di Jepang pada tahun 1990-an pada proses fermentasi beras, misalnya pada pembuatan sake. Asam ini memiliki banyak kegunaan, tidak hanya sebagai bahan dalam produk kecantikan, tetapi juga digunakan dalam masakan Jepang.
BAGAIMANA KOJIC ACID BISA MENJADI AGEN PEMUTIH KULIT?
Asam kojic ternyata memiliki efek sebagai inhibitor kompetitif dan reversible padaoksidase polifenol baik pada tanaman maupun hewan, yaitu menghambattirosinase, yang mengkatalisis perubahan tirosin menjadi melanin.
Asam kojic menghambat melanosis dengan cara mengganggu  pengambilan oksigen yang diperlukan untuk proses “pencoklatan’ (browning) secara enzimatik.
Metode spektrofotometri dan kromatografi menunjukkan bahwa asam kojic  mampu mengurangi o-kuinon menjadi diphenols untuk mencegah terbentuknya hasil akhir yaitu pigmen melanin.  Karena itulah ia banyak digunakan sebagai agen pencerah kulit dalam preparat kosmetik dan dermatologis lainnya.  
KEGUNAAN LAIN KOJIC ACID ?
Asam kojic juga memiliki sifat insektisida karena efek penghambatan pada tirosinase  serta kemampuannya untuk berinteraksi dengan o-kuinon dari katekolamin, sehingga mencegah proses sclerotization. Karena sifat penghambatannya pada berbagai oksidase, asam kojic juga telah digunakan secara komersial selama bertahun-tahun di Jepang sebagai bahan tambahan makanan, misalnya sayuran segar, kepiting, dan udang, untuk mempertahankan kesegaran mereka (antioksidan) dan menghambat perubahan warna. Selain itu, asam kojic juga digunakan sebagai  pengawet, sebagai antioksidan untuk lemak dan minyak, dan agen pengatur pertumbuhan tanaman untuk meningkatkan produksi, mempercepat pematangan, dan meningkatkan rasa manis. Asam kojic juga memiliki sifat antimikroba lemah dan aktif terhadap beberapa strain bakteri umum pada pengenceran dari 1:1.000 sampai1:2.000.
APAKAH KOJIC ACID  AMAN?
Sebagai agen pemutih kulit, asam kojic tidak bersifat karsinogenik. Namun demikian beberapa orang yang kulitnya sensitif dilaporkan mengalami semacam dermatitis kontak, sejenis alergi kulit  yang ditandai dengan  gatal  kemerahan, iritasi. Untuk itu, kadang dalam krim yang mengandung asam kojic, dapat juga ditambahkan bahan lain sebagai anti alergi yaitu kortikosteroid topikal. Asam kojic ini menjadi semakin popular dan meningkat penggunaannya karena memiliki keamanan lebih baik dari pendahulunya yaitu hidroquinon. Bagi mereka yang sensitif terhadap asam kojic tentu perlu mempertimbangkan penggunaannya.
BAGAIMANA PENGGUNAANNYA KOJIC ACID ?
Produk asam kojic paling sering digunakan untuk penggunaan topical (kulit), dalam bentuk lotion, krim, atau serum.  Dosis yang dianjurkan relatif kecil, dengan konsentrasimaksimum sebesar 1%. Namun untuk mengurangi kemungkinan efek samping, produk kosmetik pencerah kulit dapat menggunakan konsentrasi sekitar  0,2%. Selain krim, kojic acid juga dapat dijumpai dalam bentuk sabun, lotion, bahkan sediaan injeksi.  Tentu saja, kita juga harus mempertimbangkan bagaimana senyawa ini akan bereaksi dengan tubuh. Mereka yang mengalami kepekaan mungkin perlu untuk menggunakannya lebih jarang dan mengevaluasi kembali penggunaannya.
 
KOLLAGEN

Manfaat Kolagen
Adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan terutma sifat kelenturannya terhadap tulang. Bilamana produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia, dampaknya adalah meningkatnya proses “kulit menjadi keringat serta berkurangnya sifat elastisitas kulit. Lapisan dermis inilah yang bertanggung jawab akan sifat elastisitas dan kehalusan kulit (skin smoothness) yang merupakan kunci utama untuk disebut “awet muda” serta memiliki kulit indah (beautiful skin). Manfaat dari kolagen luas dan beragam dan bermanfaat untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin, semakin bagus bagi usia yang semakin bertambah. Manfaat dari kolagen dan apa yang kurang diketahui oleh masyarakat luas. Kamus menggambarkan kolagen sebagai protein mamalia yang ditemukan pada jaringan ikat dan termasuk manusia. Cukup sering kolagen disebut sebagai perekat yang menyatukan, tanpa itu kita tidak bisa berfungsi. Manfaat dari kolagen tidak harus dianggap sebagai sesuatu yang hanya dapat digunakan dalam produk kecantikan. Ini adalah produk alami yang luar biasa yang dapat secara harfiah bermanfaat bagi seluruh tubuh. Tubuh bayi yang baru lahir kaya kolagen, tetapi seiring bertambahnya usia sekitar 25 dan seterusnya kemampuan kita untuk mereproduksi kolagen berkurang dan kemudian sekitar 35 berhenti sama sekali, dan proses penuaan dalam kekuatan penuh. Manfaat dari kolagen adalah bahwa kita mampu untuk meningkatkan kualitas hidup kita dengan suplemen kolagen, memungkinkan kita untuk lebih memperlambat proses penuaan dan menikmati gaya hidup kita.




L-GLUTATHIONE DAPAT HILANGKAN RACUN DALAM HATI

 

L-glutathione adalah bentuk tereduksi glutathione, dan merupakan tripeptide disintesis dalam jaringan hewan dan tanaman dari glisin, sistein dan glutamat. Umumnya dikenal sebagai GSH, mengandung gugus thiol yang diselenggarakan dalam keadaan berkurang, dan merupakan antioksidan yang sangat kuat, dianggap sebagai antioksidan pelindung tombol dan substansi dalam tubuh. 
Glutathione dapat mengurangi setiap kelompok disulfida dalam sitoplasma dalam sel tubuh, dan memastikan bahwa sitoplasma adalah sangat mengurangi media melindungi terhadap oksidasi. Hal ini memiliki efek sinergis dengan antioksidan lain untuk melindungi tubuh terhadap radikal bebas dan oksidasi agen yang menyebabkan begitu banyak kerusakan tubuh melalui apa yang biasanya disebut sebagai stres oksidatif '. Namun, ada lebih dari itu dan menempel pada bahan kimia beracun dan obat-obatan di hati dan membuat mereka menjadi negara yang cocok untuk eliminasi dari tubuh. 
Bahan-bahan beracun termasuk pestisida beracun, hidrogen sulfida, karbon monoksida, logam berat seperti merkuri, cadmium dan krom dan zat lain yang kita bersentuhan dengan polusi karena sekarang hari atmosfer kita dan bahan makanan. Glutathione juga dapat membantu melindungi tubuh dari efek kemoterapi dan bukti-bukti yang menunjukkan link mungkin dengan kontrol dari beberapa kanker, diabetes, atherosclerosis dan banyak kondisi degeneratif lain yang disebabkan oleh serangan radikal bebas dan efek polutan. 
Cara yang bertindak GSH dalam sel adalah bahwa keadaan redoks pasangan glutathione disulfida-glutathione sangat penting untuk kesehatan antar sel dan cairan intraseluler. GSH di negara penurunan glutathione bereaksi dengan agen oksidasi seperti peroksida hidrogen untuk membentuk bentuk teroksidasi, glutathione disulfida dan air. Itu maka pel sampai oksidasi seperti peroksida dan radikal bebas dalam sitoplasma sel-sel tubuh, dan juga di antara sel. disulfida tersebut kemudian diubah kembali menjadi GSH oleh aksi gabungan dari enzim glutation reduktase dan NADPH (nicotinamide agen mengurangi fosfat dinukleotida adenin).  Kemudian mengulangi siklus sehingga dua molekul glutathione terus mengurangi agen pengoksidasi tanpa merusak dikonsumsi sendiri. Dengan demikian, yang menjadi NADPH teroksidasi. Sebuah kelangsungan penyediaan NADPH diperlukan untuk memungkinkan GSH untuk menjalani reaksi-reaksi biokimia, dan hingga 10% glukosa darah kami digunakan oleh jalur fosfat pentosa oleh yang NADPH disintesis. 
Karena siklus ini mengkonsumsi glutathione tidak, itu akan muncul bahwa suplemen tidak diperlukan. Namun, hal ini tidak terjadi sejak molekul mengambil bagian dalam reaksi lainnya dalam tubuh, khususnya di eliminasi logam berat beracun dari tubuh. Merkurius sangat reaktif dengan thiol yang GSH adalah, dan akan mengikat untuk membentuk ikatan Hg-sulfydryl stabil di hati. Chelate ini merkuri-glutathione tidak mampu mengikat protein lain atau mendapatkan akses ke sel-sel tubuh, dan akhirnya dikeluarkan tanpa membahayakan. Hal yang sama adalah benar dari banyak logam berat lainnya yang reaktif dengan thiol's. 
Dengan cara ini tubuh dilindungi dari efek berbahaya dari logam berat. Namun, hasil hilangnya glutathione, dan polusi hidup modern dapat mengambil tol berat isi GSH tubuh kita. Untuk alasan ini suplemen glutathione dianjurkan, terutama untuk penduduk kota yang mungkin terkena logam berat lebih dari yang tinggal di daerah pedesaan. 
Namun, bentuk yang diambil suplemen ini sangat penting, karena saluran pencernaan manusia mengandung sejumlah besar gamma-glutamyltranspeptidase. Itu adalah enzim yang tampaknya menghancurkan glutathione sebelum dapat diserap. Namun, dapat diserap secara langsung ke dalam aliran darah dengan melarutkan pil antara gigi dan pipi batin. Juga telah saran bahwa suplemen ini dapat dikelola oleh injeksi. 
Orang lain telah menyarankan bahwa daripada mengelola suplemen, individu dapat mengambil suplemen lain yang mengandung bahan-bahan yang diperlukan untuk merangsang pembentukan GSH. Seperti zat vitamin C, selenium (penting di GSH biokimia), metionin, asam alpha-lipoic dan glutamin semua bisa membantu meningkatkan produksi tubuh glutathione. Suplemen dari bagian pokok dari sistein, glisin dan asam glutamat juga harus membantu. dosis yang dianjurkan berkisar dari 50mg bervariasi untuk 500mg sehari-hari, dan efek suplementasi belum ketahui. 
Beberapa kondisi yang spesifik heran antioksidan ini bermanfaat untuk mengobati termasuk penyakit hati seperti hepatitis, sirosis dan sebagainya. Pasien yang menderita penyakit ini menunjukkan penurunan besar dalam isi GSH mereka dan perlakuan sebelum muncul untuk menawarkan derajat perlindungan yang signifikan dalam penyelidikan klinis terkontrol. Pasien yang menderita hepatitis C kronis telah ditemukan terkait dengan tingkat GSH berkurang, terutama jika HIV positif juga. 
Kekurangan serupa telah dicatat di beberapa kondisi paru-paru seperti asma dan kondisi paru lainnya. Dalam kasus seperti ini telah menunjukkan bahwa pemberian suplemen GSH cukup untuk mengembalikan tingkat normal substansi memperbaiki kondisi pasien dalam jumlah yang signifikan. Pengaruhnya pada aterosklerosis tampak signifikan karena tingkat penurunan peroksidase GSH telah dicatat pada pasien tersebut di samping peningkatan peroksida lipid, yang menunjukkan bahwa oksidasi dinding arteri telah terjadi. 
Terapi Anti-virus yang mengandalkan biokimia GSH untuk tindakan mereka telah ditemukan untuk menjadi kurang efektif pada mereka dengan tingkat GSH yang rendah, dan studi lain telah mengkonfirmasikan bahwa suplementasi dengan GSH meningkatkan respon terhadap pengobatan interferon. Hasil ini menunjukkan aktivitas agen oksidasi dan radikal bebas dalam kondisi hati, dan fakta ini telah ditunjukkan oleh tes yang telah dilakukan di New York dan Philadelphia pada 1990-an. 
Hal ini menunjukkan bahwa hati rentan terhadap kerusakan oleh stres oksidatif, dan bahwa tingkat GSH mungkin dapat digunakan sebagai indikasi potensi penyakit hati. Apa yang jelas adalah bahwa kasus kuat dapat dibuat untuk suplementasi glutathione sebagai perlindungan terhadap potensi hati, penyakit paru dan kardiovaskular, terutama oleh mereka yang terkena polusi agen tertentu seperti asap tembakau primer atau sekunder, mobil dan asap diesel dan bahan kimia dan pestisida. 
L-glutathione berguna, tidak hanya untuk penghapusan racun dalam hati, tetapi juga dalam melindungi organ besar dan penting dari stres oksidatif yang membawa kehidupan modern. L-Glutathione dan prekursor yang dijual di atas meja di toko makanan lokal atau internet anda kesehatan. 


 

0 komentar:

Posting Komentar