Fanspage

FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA KHUSUS MEMBER DI BAWAH JARINGAN SAYA

Kamis, 15 Juli 2010

SELUK BELUK DAN FUNGSI SPA

MENGETAHUI SELUK BELUK DAN FUNGSI SPA
Kemajuan ilmu pnegetahuan, informasi teknologi dan industrialisasi menyebabkan perubahan keseimbangan di alam raya ini. Polusi yang meningkat paparan sinar matahari yang makin kuat, makin menipisnya lapisan ozon, gyaa hidup modern, dan pla makan yang salah, menyebabkan semakin banyak terbentuknya radikal bebas yang berdampak merugikan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Perawatan Spa merupakan cara untuk keluar dari kungkungan stress, mengembalikan keseimbangan hhiudp untuk tetap awet muda, serta mendapatkan kembali keselarasan atara jasmani dan rohani.

Total beuty merupakan cerminan kecantikan dari luar (lahiriah) dan dari dalam (bathiniah), yang dapat diperoleh jika badan seseorang sehat. Dan kesehatan merupakan keseimbnagna antara badan, pikiran dan jiwa/sukma. Tanpa badan yang sehat perawatan ekecantikan apapun yang idlakukan tidak akan berhasil dengan baik dan tidak akan bertahan lama. Salah satu cara untuk mencapatkan kesehatan yang seimbang baik dari badan, jiwa/ikiran, dan sukma, adalah sengan Spa. Demikian dikatakan Robby Tri Handoyo, Mareketing & Brand Manager, PT. Cantika Puspa Pesona (Martha Tilaar Spa).
Perawatan tubuh dengan Spa sebenarnya sama dengan ritual mandi yang sering kita lakukan. Kalau sat mandi biasa mungkin kita tidak bisa menjangkau seluruh tubuh untuk dibersihkan, dengan Spa, membersihkan keseluruhan badan tannpa kecuali, karena adanya bantuan dari orang lain.
Fungsi mandi sendiri selain bisamembersihkan diri dari segala kotoran yang melekat di tubuh setelah beraktifitas, manid juga bis aberefek relaksasi. Hasilnya, bukan hanya tubuh yang segar, namun juga jiwa yang kembali segar. Budaya mandi sendiri sebenarnya sudah ada sejak dulu walaupun referensi mengenai hal tersebut sangat sulit untuk di dapat. Namun peninggalan purbakala seperti candi-candi dan pemandian purbakala menunjukkan bahwa budaya mandi sudah ada sejak dulu. Pemandian purbakala atua disebut “Patirtan” merupakan suatu tempat penyucian lahir dan batin (purtification). Seiring dengan perkembangan jaman, budaya mandi dihidupkan kembali sesuai dengan gaya hidup baru manusia jaman sekarang. Dalam penerapannya disesuaikan dengan perkembangan ilmu penetahuan dan teknologi modern serta gaya hidup dan selera jaman.
Solus per Aqua atau biasa disebut Spa, arti sebenarnya adalah penyembuhan dengan air. Spa dalam sejarahnya jgua menjadi bagian dari gaya hidup bangsa Romawi dan Yunani kuno sejak beratus-ratus tahun sebelum Masehi. Mereka percaya bahwa air merupakan inti kehidupan dan rahasia untuk tetap sehat. Pada hydrotherapy secara tradisional, air digunakan secara internal (diminum) ataupun eksternal dalam uap air (steam) atau es yang berfungsi untuk membersihkan, menyegarkan, memperbaiki dan mempertahankan kesehatan. Hydrotherapy secasra tradisional dapat dilakukan beurpa mandi, seperti yang biasa dilakukan sehari-hari atau dengna kompres. Sedangkan pada jaman modern seperti sekarang ini adalah di-perkenalkan whirlpool dan pancara air (water pot).

Menyembuhkan Penyakit
Spa awalnya untuk penyembuhan penyakit. Tetapi dengan berekmbanganya jaman, Spa kini bertujuan untuk kebugaran relaksasi, dan kecantikan. Karena Spa dapat memperbaiki dan menyehatkan tubuh sehingga bisa membuat tercapainya keharmonisan badan, jiwa dan sukma. Akibatnya seseorang menjadi bisa tampil canti, sehat, segar dan bugar melalui relaksasi pikiran, perawatan kecantikan, latihan fisik serta pemantapan kepribadian.
Spa sendiri teridri atas tiga komponen perawatan inti, yaitu hidrotherapy (rawat air), aromatherapy, dan touch therapy (massage).
Hidrotheraapy
Hidrotherapy tidak hanya terbatas pada manddi dalam air panas atau air mineral saja tetapi meliputi berbagai cara penggunaaan air untuk membersihkan badan, untuk kebugaran untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan yang sudah tentu merupakan hal yang berpengaruh pada kecantikan.
Air berkemmapuan mempengaruhi aliran daerah dalam tubuh dengna cara mengubah suhunya. Air dingin berefek pada stimulan yang menyebabkkan pembuluh darah berkontraksi sehingga aliran darah berkurang dan raksi biokimia yang menyebabkan terjadinya peradangan terhadambat, sedangkan aliran darah ke organ-organ dalam bertambah sehingga fungsinya lebih baik.
Air panas sebaliknya bererek relaxing mernyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke kulit dan otot, mengurangi kaku otot. Perbaikan sirkulasi akan meningkatkan kekebalan tubuh, membantu membuang produk sisa metabolisme dari dalam tubuh, meningkatkan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan memperbaiki jaringan yang rusak.
Penggunaan air panas dan dingin secsara bergantian dapat merangsang sistem homronal, mengurangi penumpukan asam laktat yang menimbulkan kejang otot, dan menghilangkan peradangan. Terapung pada air hangat dengan menghilangkan beban grafitasi bumi akan berkhasiat menenangkan mental.

Aromatherapy
Aromaterapi adalah perawatan kecantikan dan penyembuhan penyakit menggunakan minyak sari pati tumbuhan (essential oil) yang di ekstraksi dari tumbuhan aromatik yang berbau wangi.
Aromaterapi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran natural yang bertujuan untuk menyembuhkan berbagai kelainan di dalam tubuh dan jiwa (body and mind). Bahan alami yang digunakan berupa misak atsiri/esensial yang akan meningkatkan immunitas alami dan sebagai sumber untuk melawan segala bentuk penyakit/kelainan, dapat menimbulkan relaksasi, meningkatkan energi, mengurangi stres dan menyeimbangkan badan, jiwa dan sukma. Misak esensialmerupakan anti mikroba alami (anti bakteri, anti virus, anti jamur).
Penggunaan minyak essensial pada aromaterapi ini melalui penciuman (inhalasi) dalam bentuk diffuser, oil burner, diteteskan pada tisu sapu tangan atau bantal. Selain itu juga bisa melalui penyerapan kulit (topikal) dalam bentuk misak massage, lotion, kompres panas atau dingin, mandi, cologne. Sedangkan kalau melalui minum (ingestion) bisa berupa herbal tea.
Aromaterapi paling efektif apabila dilakukan melalui massage, karena kulit merupakan organ terbesar yang menutuppermukaan tubuh dan minyak esensial terbukti dapat menembus sapai lapisan kulit paling dalam dimana terdapat pembuluh dara, dan getah bening (limfe), yang kemudian berada ke seluruh tubuh untuk menuju organ sasaran, dimana minyak esensial tersebut berfungsi. Selama massage dilakukan molekul-molekul minayk esensial di udara yang tercium akan merangsang reseptor pada atap rongga hidung, kemudian melalui saraf penciuman menunju lymbic sistem di otak (merupakan pusat emosi, suasana hati/mood, seksualiatas, kreativitas, dan memori) sehingga akan disekresi berbagai macam bahan kimia yang menimbulkan bebagai efek seperti penghilang rasa sakit, perasaan sehat/sejahtera, perasaan gembira, rasa ketenangan jiwa atua meningkatkan gairah fisik dan seksual.

Massage (Touch Therapy)
Massage Therapy digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara umum, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh sehingga bermanfaat pada tekanan darah, kekencangan otot, sistem pencernaan dan warna kulit. Penelitian scientific memmbuktikan bahwa dnegna sentuhan akan timbul respon fisiologis tubuh beruupa perubhaan pada konsentrasi homron, mempengaruhi aktivitas sistem syaraf pusat dan tepi serta pengauran pada irama fungsi tubuh.
Bila tubuh sudah terasa penat. Ada baiknya mencoba ritual Spa untuk memanjakan diri. Dalam waktu sekejap, tubuh, jiwa, dan sukma dijamin akan segar kembali.

0 komentar:

Posting Komentar