Fanspage

FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA KHUSUS MEMBER DI BAWAH JARINGAN SAYA

Kamis, 15 Juli 2010

PEDE ITU ADA ILMUNYA

Di sekolahmu ada seorang cewek yang pede abis. Dia nggak ngerasa grogi kalau ngomong sama cowok-cowok. Dia juga nggak minderan. Dia pun jadi keua OSIS. Pokoknya top abis deh. Kamu pun bisa kok, pede abis kayak tuh cewek. Nih kiatnya.

1. Jangan Dipusingkan Masalah-Masalah Kecil
Dalam film Seven Years In Tibet, Dalai lama berpetuah, “Buat apa cemas kalau ada jalan ke luar, kalaupun tidak ada jalan ke luar, cemas pun tidak bisa mengatasinya”. Seringkali kita merasakan tegang memikirkan sesuatu yang belum terjadi. Padahal seharusnya ketegangan itu nggak perlu terjadi, karena peristiwanya saja kan belum terjadi. Misalnya saja, takut ulangan hasilnya jeblok, tegang terlambat ke sekolah, tegang kalau-kalau teman emmbuat jengkel, dan kejadian-kejadian lain yang kita hadapi sehari-hari. Nggak ada gunanya kan membuang tenaga mencemaskan sesuatu yang belum tentu terjadi. Coba deh, belajar menikmati kejadian yang terjadi sekarang. Berpikirlah, “Bagaimana nanti, jangan nanti bagaimana” Memikirkan hal-hal sepele malah membuat kita nggak pede.

2. Mulailah Dari Pekerjaan kecil
Thomas A. Edison pernah melakukan 1.200 kali percobaan sebelum dia berhasil menciptakan bola lampu. Mustahil seseorang bisa melakukan pekerjaan besar kalau pekerjaan kecil saja tidak sanggup dibereskan. Mesti mau kerja keras dan berkesinambunan kalau kamu ingin sukses mengerjakan pekerjaan besar. Jangan pernah berpikir hanya ingin melakukan hal-hal besar. Mulailah dari hal kecil dulu. Kalau kamu gagal melakukan pekerjaan di saat pertama kali, cba dan ocbalah lagi. Jangan pernah menyerah, karena mau belajar dari kegagalan adalah kunci sukses. Apa yang bakal kamu dapatkan kalau kamu meraih sukses? Tentu saja : Pede.

3. Gaullah Dengan Teman Yang Berpikiran Positif
Pilih-pilih teman memang tidak baik, tapi akan lebih baik kalau kamu menghabiskan waktu bersama teman-teman yang berpikiran positif. Jauhilah teman-teman yang suka berkata miring. Sibukkan dirimu dengan kegiatan yang bermanfaat untuk masa depanmu. Punya banyak kegiatan akan menghindarkan mu melakukan aktivitas gosip. Kalau kamu dikelilingi oleh teman-teman yang berpkiran positif, apa yang kamu pikirkan ? kegiatan hari ini, besok, dan besoknya lagi. Yang kamu dapatkan jika kamu selalu sibuk adalah : Pede.

4. Bergayalah
Pepatah Perancis mengatakan, “se mettre en valeur”, artinya, “buatlah yang terbaik untuk dirimu sendiri”. Jadi tampillah sebaik mungkin. Jangan sekali-sekali terlihat kumel. Katanya sih, orang yang punya rasa percaya diri tinggi, tidak hanya menata dirinya pada saat-saat spesial. Mereka melakukan setiap saat. Kalau berpenampilan baik, kamu akan tampak lebih baik dan banyak hal positif bakal kamu dapatkan. Apa yang akan kamudapatkan kalau seseorang melihatmu dengan pandangan kagum? Tentu saja : Pede.

5. Berpura-Pura Bisa
Aktris Jessica Alba pernah bilan, “Teoriku adalah, kalau kita bisa tampil percaya diri, maka kita akan dapat melakukan pekerjaan yang sebenarnya kita tidak yakin bisa melakukannya”. Nggak ada salahnya kalau kamu berpura-pura ngerti banget. Kalau kamu lakukan, maka seolah-olah tahu terhadap apa yang kamu lakukan, maka orang akan percaya bahwa kamu mampu. Saat itu, tanpa kamu sadari, rasa percaya dirimu itu akan timbul dengan spontan saat kamu melakukan pekerjaan itu.
6. Jangan Terikat
Kalau kamu punya sahabat atau gebetan yang suka mengaturmu, membuatmu pusing, dan kamu ngerasa nggak nyaman dengannya, segera tinggalkan dia. Jangan buang-buang waktu untuk hal-hal seperti itu. Pikiran dan tenagamu akan terbuang degan percuma. Buatlah hidupmu menjadi lebih hidup. Masa muda adalah masa yang paling pendek dan menyenangkan. So, tinggalkan saja hal-hal yang membuatmu bete. Paksakan dirimu untuk melakukan hal-hal yang baru dan menantang, maka kamu akan mendapatkan kepercayaan diri.

7. Jangan Gentar
Kalau kamu ngerasa grogi atau takut salah melakukan sesuatu hal yang belum pernah kamu coba, paksakan dirimu untuk melakukannya. Misalnya, menyapa cowok paling keren di sekolah, ngobrol dengan seleb yang datang ke sekolahmu, melamar pekerjaan sampingan, atau menelpon orang yang kamu segani. Pertama kali memang sulit. Tapi kalau kamu sudah membuka kalimat pertama, maka segalanya bakal lancar. Yang penting beranikan dirimu. Kalau kamu berhasil, maka pedemu akan naik dan kamu nggak bakalan grogi lagi.

8. Bangkitkan Semangat
Mendengarkan lagu-lagu melow, boleh saja. Tapi akan menjadi lebih bersemangat kalau kamarmu kamu isi dengan poster-poster yang menggugah semangatmu.
9. Angkat Tanganmu
Ingin lebih pede? Coba deh, duduk di bangku paling depan. Angkat tanganmu duluan jika guru memberi pertanyaan-pertanyaan. Tentu saja, kamu mesti siap dnegan materi di hari itu. Kalau pun kamu tidak yakin betul dengan jawabanmu, pde saja, angkat tangan, jangan takut-takut. Jawaban yang kurang akan dibetulkan oleh guru atau temanmu. Tanpa kamu sadari hal itu akan membuatmu melakukan “angkat tangan-angkat tangan” yang lain lagi. Hal itu akan memotivasi untuk mempelajari hal-hal yang lain untuk mengetahui lebih dulu.

10. Wujudkan Anganmu
Kalu kamu benar-benar ingin menjadi seorang penyanyi, model top, atau apa saja, ikuti saja kata hatimu. Perdalam bakatmu. Kamu masih muda, kesempatan demi kesempatan menunggumu. Nggak ada lagi waktu untuk berpangku tangan. Berpaculah dengan waktu untuk mengejar mimpi-mimpimu. Jangan sampai nantinya kamu menoleh ke belakang, dan berkata, “Seandainya dulu aku …..” kejrakan sekarang dan dapatkan kepercayaan diri di sana.

Tips
Kalau tiba-tiba pedemu turun, padahal kamu harus melakukan pekerjaan penting, seperti mau pidato di depan para guru dan seluruh siswa, mau nyanyi di hari ultah sekolah, dan acara penting lainnya, coba deh, tenangkan diri dengan melakukan hal seperti berikut : berdiri tegak, menyanyikan dalam hati sebuah lagu bersemangat yang kamu sukai, mengingat saat kamu sukses, berpura-pura kamu adalah seleb yang punya pede tinggi yang sedang berjalan di muka umum, atau membayangkan guru yang kamu segani.

0 komentar:

Posting Komentar